Harga berbeda Antara Cash dan Kredit

image

Di zaman yang serba canggih ini perkembangan sistem ekonomi sudah sangat pesat. Beragam sistem ditawarkan oleh para niagawan untuk bersaing menggaet hati para pelanggan. Seorang niagawan muslim yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan dunia. Dalil yang jelas bahwa, "menghalalkan jual beli dan melarang Riba."

Pertanyaan, bagaimana jika harga kredit dan cash berbeda? Banyak yang mempertanyakan dan memperdebatkan soal harga berbeda antara cash dan kredit.

Renungi dengan hati, misal: Saat membeli barang di toko " A " dengan harga cash Rp.100.000 ,- dan saat membeli dengan cara kredit pun, harga tetap Rp.100.000,- Lain waktu , membeli di toko " B " dengan cash seharga Rp.100.000 dan saat membeli kredit dengan harga Rp.150.000,-

Jika yang beli itu " KAMU ", kemana akan membeli ke toko " A " atau ke toko " B "?

Sisi manfaat berbeda. Sisi kepuasan berbeda. Sisi larisnya bebeda. Dan … sisi berkahnya pun berbeda.

 

Berikut syarat penting jual beli cash dan kredit :

1. Terpenting pertama yaitu akad itu terjadi tidak bermaksud untuk melegalkan riba atau tidak menjadikan orang-orang terbiasa kredit/ berhutang.

2. Barang terlebih dahalu dimiliki penjual sebelum dikreditkan.bukan melalui jasa kreditan lain atau barang di pihak produsen tapi penjual melakukan akad jual beli/ kredit ke komsumen.

Ini biasa terjadi penjualan kendaraan/ elektronik melalui leasing, dilarang.

3. barang dijual kredit bukan emas,perak/ sejenisnya, ataupun uang, karena komoditi ribawi,harus cash.

4. Barang yang di jual harus di terima pembeli ( kredit ) saat transaksi terjadi, bukan terjadi akad transaksi kredit saat ini tapi barang baru diterima pembeli esoknya. artinya, transaksi serah terima saat berlangsung transaksi saat itu juga.

5. transaksi harus tegas,tidak boleh pakai leasing ( prantara pihak lain ).

6. transaksi ditetapkan jelas di awal ,yaitu : satu harga yang harus ditetapkan, besar angsuran jelas, serta jangka waktu pembayaran.

7. Tidak boleh ada persyaratan wajib bayar tepat waktu, telambat kena denda atau ada nilai bertambah yang harus dibayarkan.

misal kredit dari 120 jadi 125 itu tidak boleh, nilai 5 perak ( rupiah ) itu RIBA. Maka, lebih baik cash atau kredit tetap pada harga atau nilai sama.

Copyright © 2019 HARMONIKU · All Rights Reserved