CARA JITU LUNAS HUTANG

image

LUNAS hutang bukan sekedar niat, melainkan butuh perjuangan. Harus siap kehilangan, merasakan kegetiran, pedih yang mendalam. Harta dari sumber yang nggak jelas harus siap dibersikan oleh Allah. Siap merubah gaya hidup dan pola pikir untuk keindahan masa depan.

     Wes pokoknya, tutup telinga pada cibiran orang. Apa mereka yang sibuk menilai kita nggak bantu bayar cicilan Kamu. Buat apa kita peduli omongan mereka? Sakitmu? Sedihmu? Deritamu? Mereka nggak kan perduli, Nyinyir iya... Wes nikmati, cuekin saja. Nanti diem sendiri.
Pasrahkan hidup mati hanya pada Allah. Berpikirlah, dunia sementara, Sebentar saja. Kita numpang hidup. Mobil, motor, rumah, furnitur yang kita bela-belain cicilannya sampai pusing nggak bakal dibawa mati. Nasehat simbah bahwa warisan terbaik itu ilmu yang bermanfaat dan amal kebaikan, bukan di harta benda. Harta yang ditumpuk,digadang nggak kan membuat bahagia. Manusia tidak punya kuasa akan harta benda itu, suatu masa akan sirna.
Dan itu memang benar adanya, Kita bisa lihat sekeliling Kita , yang katanya warisannya banyak itu, di saat di tangan Ahli waris banyakan menyusut dan lenyap. Hanya sedikit sekali yang bertambah. Apakah Kita masih meragukanNYA? ALLAH menciptakan semua makhluk sudah lengkap dengan jatah rezekinya.
Stop bersandar pada tumpukan harta riba. Jauhilah, bersandar pada tumpukan kertas segala asuransi. Ingat, Jaminan kesejahteraan terbaik itu hanya Sedekah, Allah sudah tegaskan itu. Menjalani usaha dengan tekun. Nggak usah buru-buru numpuk aset dari keditan, hutangan semua.
" BerSANDARlah Sepenuh jiwa raga hanya kepada ALLAH SAJA "
Lunas Hutang Tuntas :
 TAUBAT
Minta ampun sama Allah atas perbuatan kesalahan kita, apapun kesalahan kita.
Bertekad kuat tidakakan berhutang lagi, karena itulah tobat sesungguhnya. Jangan jadikan alasan kepepet untuk berhutang. Darurat bukan alasan yang kongkrit, itu alasan kekawatiran, karena manusia itu lebih banyak lapangnya daripada waktu sempit.
Dan, Yang sikon darurat, kepepet bahasa umumnya, disepanjang hidup manusia, bisa dihitung jari.
 PASRAH
Setelah tobat, Maka yang kita lakukan yaitu pasrah. Ya..Pasrah, kenapa?karena umumnya kita selesai niat tobat, mau nya semua beres secepatnya..
Bukan seperti itu !
Maunya segala urusan segera cepat selesai, iya apa iya? Tidak jarang diantara kita tidak mau belajar dan memahami rintangan, kesulitan yang terjadi dari kesalahan kita sendiri.
Kita tau bahwa kita salah, sepantasnya kita mawas diri. Sambil berusha memantaskan diri dihadapanNYA, berpasrahlah dengan sepenuh hati.
 TENANG
Banyak dari kita saat menhadapi penagih, baik datang secara langsung ke kantor atau penagih yang datang ke kita. Kitanya tidak tenang, pusing. Lebih cepat frustasi, pikiran tidak lagi jernih, apalagi cicilan sudah waktunya diangsur.
Waktu terasa cepat berlalu, tiba-tiba sudah jatuh tempo. Maka, bersikap Tenang itu keharusan. Dalam kondisi frustasi, kita akan melakukan segalanya serbat cepat, jalan pintas.
Bayar cicilan dengan berhutang ditempat lain. Nanti satunya di tagih, bayarnya pun ganti pinjam ditempat yang lainnya lagi.
Hingga semua tak mampu mengatasinya. Bersikap Tenang itu Solusinya.
Sambil mendekatkan diri dengan sang Pencipta, yakinlah ada jalan yang terbaik.
  MENJUAL ASET ATAU MENINGKATKAN PEMASUKAN
Cara melunasi angsuran bukan dengan cari hutangan, pinjaman di tempat lain. Melain kan dengan jual harta aset yang kita miliki atau meningkatkan skil, cara menambah pemasukan. Jika tidak ingin terjerat hutang, lakuin itu.Tidak Ada Cara Pintas.
Berandai-andai, boleh? Silahkan, jika ingin semakin lama lunas. Memang sakit, sedih, Nggak enak tapi HARUS..! Kecuali mau terjerat, hingga kebawa sampai di akhirat, iya monggo..silahkan..itu pilihan.
Langkah mengatur keuangan melunasi hutang, URAIANNYA BERIKUT :
BMENGURAI DAN MELUNASI HUTANG
1. Data semua hutang
2. Data semua penghasilan
3. Data semua pengeluaran
4. Data semua Aset
Seperti yang sudah share, pastikan data semua , jangan lewatkan serupiah pun.
5. Pilah mana hutang yang harus diperioritas bayar dan mana bisa ditunda, artinya harus ada yang didahulukan dan ada yang di tunda bayarnya, meski waktu bayar bersamaan. Bayar dari yang nominal kecil dulu 
6. Pengeluarannya dikurangi ( irit ) , utamakan kebutuhan pokok terpenting. Misal makan 3/ sehari, cukup dua kali, belanja yang biasanya 100 ribu sebulan ,pangkas jadi 85 ribu dan lain-lain, banyak cara untuk irit, tunda kesenangan dan nafsu atas keinginan terhadap sesuatu.
7. Pisah antara untuk kebutuhan, tabungan dan bayar hutang
8. Mengangsur lebih banyak dari biasanya
9.Cari/dapatkan pemasukan diluar dari pekerjaan/usaha yang digeluti saat ini,
Jika bingung menemukan ide, bis order buku " Juragan Online .
10. Khusus untuk Nego, pastikan ke pimpinan / ke orang langsung, jangan lewat perantara.
11.Sisihkan penghasilan/pemasukan buat sedekah
12. Pastikan selalu berdoa dan menghadirkan Allah disisi.
BERSEDEKAH
Bersedekahlah untuk mempermudah terkabulnya hajat, menolak bala, menyembuhkan sakit, mempercepat lunas hutang, menentramkan, dan pastinya memperlancar rezeki. Bersedekahlah dalam keadaan lapang atau sempit. Manfaat begitu terasa bagi siapa saja yang mau bersedekah dalam keadaan susah.
Sedekah itu bisa menciptakan keajaiban-keajaiban baru yang tidak terpikirkan akal manusia.
Sekali lagi perlu di ingat, penyakit hutang selalu bertambah. Maka , Hilangkan kebiasaan berhutang.
berhutang itu membuat kehinaan siang hari dan kegelisahan dimalam hari, Apalagi hutang Riba. Jadi seolah- olah, kebutuhan selalu bertambah, masalah bertambah, sakit ini itu, itu masih ringan sekali.
Itulah tanda kecil dari Allah bahwa orang-orang periba di perangi Allah dan RasullNya, sesuai firman dalam Qur'an dan hadits.
Jika sampai detik ini masih di beri kesempatan, Manfaatkan sebaiknya- sebaiknya, sebelum waktu didunia itu habis. Jangan Nyinyir ataupun Melas. Manfaatin tuk taubat, taubat setaubatnya..
Semoga lekas lunas, kembali di jalanNYa dan Nikmati hidup lebih damai dan berkah, Aamiin..

Copyright © 2019 HARMONIKU · All Rights Reserved